Terus Kawal Pelaksanaan Reformasi Birokrasi

SHARE

Bali (13/06/2022) - Direktur Utama LPP TVRI, Iman Brotoseno membuka kegiatan Asesmen Pengisian LKE PMPRB dan Pengawasan Kearsipan Internal LPP TVRI yang berlangsung di Hotel Paragon, Denpasar Bali pada Senin, 13 Juni 2022. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Direktur Umum LPP TVRI, Meggy Theresia Rares, Plt. Kepala SPI LPP TVRI, Tri Widiarto, para Kepala TVRI Tipe A, serta para pejabat struktural dan fungsional LPP TVRI.

Pelaksanaan roadmap reformasi birokrasi periode 2015-2019 memberikan dampak pembelajaran bagi LPP TVRI seperti, perubahan dalam peran kepemimpinan, terciptanya program yang fokus dan terarah, dan pemahaman atas kompleksitas serta kesenjangan untuk melaksanakan reformasi birokrasi.

Terkait dengan hal tersebut, untuk selanjutnya dapat memaksimalkan pelaksanaan implementasi RB terutama pada roadmap 2020-2024 diperlukan pengawasan dan evaluasi yang tepat, dimana pelaksanaannya mulai dilakukan secara mandiri oleh Tim RB LPP TVRI. Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) di LPP TVRI dilakukan untuk mengetahui apakah LPP TVRI sudah mencapai hasil dari reformasi birokrasi.

Selain kegiatan asesmen pengisian LKE PMPRB, pada kesempatan tersebut juga diadakan kegiatan pegawasan kearsipan internal LPP TVRI.  Adapun tujuan dari kegiatan pengawasan kearsipan ini adalah untuk mengukur dan mengetahui kualitas tata kelola kearsipan di lingkungan LPP TVRI, yaitu unit kearsipan dan unit pengolah baik pada tingkat pusat maupun daerah. Nilai pengawasan kearsipan merupakan indeks kinerja penyelenggaraan kearsipan yang berdampak pada evaluasi reformasi birokrasi oleh Kemenpan RB.

“Besar harapan saya kepada Tim Asesor SPI dan tim pengawasan kearsipan internal agar dapat melihat dan memantau aspek-aspek yang saya sampaikan serta dapat memberikan rekomendasi yang tepat, agar pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan LPP TVRI berjalan sesuai roadmap reformasi birokrasi pemerintah pada umumnya dan roadmap reformasi birokrasi LPP TVRI pada khususnya.” pungkas Iman Brotoseno.

Penulis            : Muhammad Faisal Adriansyah Putra
Penyunting      : Chaerini